Senin, 09 Januari 2017

Natal

Hasil gambar untuk merry christmas



Natal dari bahasa portugis yang berarti kelahiran adalah hari raya umat kristen yang diperingati setiap tahun pada tanggal 25 desember. Natal dirayakan dalam kebaktian malam tanggal 24 desember , dan kebaktian pagi tanggal 25 desember.

Dalam tradisi barat peringatan natal juga mengandung aspek non-agamawi. beberapa tradisi natal yang berasal dari barat antara lain adalah pohon natal , kartu natal , bertukar hadiah serta kisah tentang santa klaus atau sinterklas. pada hari natal juga ada kembang api ataupum pesta kembang api yang membuat hari natal semakin terasa.

Kata natal berasal dari bahasa latin dies natalis atau hari lahir , dalam bahasa inggris perayaan natal disebut christmas , dari istilah inggris kuno cristes maesse yang berarti misa Kristus. Chistmas biasa juga ditulis X'mas.  Dalam alkitab bahasa indonesia sendiri tidak adanya kata natal yang ada hanya kelahiran Yesus.




SEJARAH NATAL



Perayaan natal baru dimulai pada sekitar tahun 200 M di mesir. Para teolog Mesir menunjuk tanggal 20 Mei tetapi ada pula pada 19 atau 20 April. Perayaan pada tanggal 25 desember dimulai pada tanggal 25 desember dimulai pada tahun 221 oleh sextus julius africanus dab pada abad ke 5 baru diterima secara luas. 


Kisah natal juga berasal dari injil St.Lukas dan St.Matius dalam PB. Menurut Lukas , seorang malaikat memunculkan diri kepada para gembala di luar kota betlehem dan mengabari mereka tentang kelahiran Yesus. Matius juga menceritakan bagaimana orang-orang bijak yang disebut majus , mengikuti bintang terang yang menunjukan kepada mereka dimana Yesus berada. 

Pada tahun 1800-an ada 2 kebiasaan baru yang dilakukan pada hari natal yaitu menghias pohon natal dan mengirimkan kartu kepada saudara dan teman-teman . Di Amerika serikat , santa Claus menggantikan santo Nikolas sebagai lambang usaha untuk saling memberi . 

PERAYAAN NATAL

Sebelum natal tiba ada masa adven yang berarti datang, dimana masa-masa menyambut kedatangan mesias ke dunia. masa adven memuncak pada malam sebelum natal yaitu tanggal 24 desember. Gereja-gereja dihiasi dengan lilin,lampu, dan daun-daun hijau dan bunga pointsettia.

POHON NATAL

Hasil gambar untuk natal



Pohon natal di gereja atau di rumah-rumah berhubungan dengan tradisi Mesir atau Ibrani kuno.ada pula menghubungkanya dengan pohon khusus di taman Eden. tetapi dalam kehidupan pra-kristen Eropa memang ada tradisi menghias pohon dan menempatkanya dalam rumah dalam perayaan tertentu.


SANTA CLAUS
Hasil gambar untuk santa claus
Sinterklas adalah tokoh dalam berbagai budaya yang menceritakan tentang seorang yang memberikan hadiah kepada anak-anak khususnya pada hari natal.
Santa berasal dari tokoh dalam cerita rakyat di Eropa yang berasal dari tokoh Nikolas dari Myra.Ia adalah seorang uskup yang memberikan hadiah kepada orang-orang miskin.tokoh Santa kemudian menjadi bagian penting dari tradisi natal di dunia barat dan juga di Amerika latin,jepang dan di Asia timur lainya.Hari sinterklas dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 6 Desember.

Makna lilin pada hari natal
Hasil gambar untuk lilin natal
Dalam Natal , lilin menggambarkan tentang Kristus. Karena Kristus dilambangkan sebagai terang bagi dunia yang gelap. Di rumah-rumah dan di toko-toko sering di hias dengan lampu-lampu yang kelap-kelip, penggunaan lilin dan lampu kelap-kelip merupakan pengaruh dari pesta cahaya yahudi atau hanukah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar