Minggu, 29 Januari 2017

Kesehatan

Gambar terkait


Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat



Memiliki tubuh yang sehat merupakan keinginan setiap orang.Dengan tetap sehat, maka aktivitas yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan harapan kita.

berikut tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :
  1. Cukup Istirahat. Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
  2. Berpikir Positif. Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
  3. Rutin Berolahraga. Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  4. Kebersihan Makanan. Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
  5. Kontrol Makanan. Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Di khawatirkan badan  akan mengalami kegemukan dan  terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
  6. Makanan Berserat. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  7. Vitamin D. Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan. 
beberapa manfaat makanan untuk tubuh manusia:

  1. Sebagai sumber energi
  2. Sumber pengatur dan pelindung tubuh terhadap penyakit
  3. Sumber pembangun tubuh baik untuk pertumbuhan maupun perbaikan tubuh
  4. Sebagai sumber bahan pengganti sel-sel tua yang usang dimakan usia/rusak.
  5. Mengatur metabolisme dan mengatur berbagai keseimbangan, misalnya keseimbangan air, keseimbangan asam basa dan keseimbangan mineral didalam cairan tubuh
  6. Sebagai penghangat dan pelindung organ penting
  7. Berperan di dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit, misalnya sebagai antioksidan dan antibodi.

Jenis buah yang bermanfaat bagi kesehatan

Manfaat buah bengkuang untuk kesehatanBengkoang : Buah bengkoag mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, lemak, dan karbohidrat. Buah bengkoang baik untuk kulit karena itu sering dijadikan sebagai bahan utama untuk perwatan kecantikan.Buah bengkoang selain bermanfaat mencerahkan kulit berguna juga untuk mencegah penuaan dini pada wajah, merawat kulit tetap sehat dan melembabkan kulit.
Manfaat buah apel untuk kesehatan


Bua Apel : 
Buah apel mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C. kandungan serat pada buah apel dapat membuat kenyang lebih lama pada lambung kita, sehingga buah apel ini cocok untuk diet dan selain itu aman untuk usus kita.
Buah apel selain membantu kerja usus halus juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi resiko gangguan pernapasan, mengontrol gula dalam darah, mengatasi masalah osteoporosis, membantu mencegah dan mengobati kanker, menurunkan kolesterol, mengatasi diare, serta menyehatkan jantung.
 Jeruk : Buah jeruk kaya akan vitamin C, selain itu juga terdapat kandungan bermanfaat lainnya seperti folat, vitamin A, vitamin B1, antioksidan flavanoid, beta karoten, beta cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein.
Jeruk bermanfaat bagi kesehatan seperti mencegaah penyakit jantung, mencegah penyakit stroke, mengontrol kadar gula dalam darah, menurunkan resiko terkena kanker usus besar, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah pembentukan batu ginjal, membantu kesehatan sistem pernafasan, menurunkan resiko terkena radang sendi, mengobati sariawan, untuk menjaga stamina, and juga untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.
Kiwi : Buah kiwi kaya akan vitamin c, serta ada juga vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, serat pangan yang baik, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, folat, riboflavin, niacin, dan tiamin.
Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko stroke, mengatasi hipertensi, mencegah serangan jantung, membantu penyerapan zat besi, membantu proses pencernaan, menurunkan resiko diabetes, menjaga kesehatan kulit, dan juga sebagai sumber antioksidan.
Tulang tetap sehat
Seiring bertambahnya usia seseorang, maka berdampak pada kesehatan tulang pada tubuhnya. Salah satu masalah kesehatan tulang yang mungkin tidak asing bagi kita yaitu osteoporosis. Osteoporosis merupakan berkurangnya kepadatan pada tulang dan dapat mengakibatkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.
Tips agar tulang tetap sehat :
Hasil gambar untuk stay health
  1. menghindari berbagai minuman yang dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang berkurang. Salah satu minuman yang dimaksud yaitu minuman yang bersoda atau mengandung soda.
  2. Mencukupi kebutuhan Vitamin D yang sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D ini dapat kamu peroleh dari sayur-sayuran yang bewarna hijau serta brokoli.
  3. Minum susu merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan kandungan susu yang sangat dibutuhkan  oleh tulang kita seperti kalsium, vitamin D, protein, fosfor serta kalium.
  4. Rutin berolahraga merupakan salah satu tips  mudah menjaga kesehatan tulang . Dalam hal ini berjalan atau berlari di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan berolahraga dapat menguatkan semua otot dan tulang. 
  5. Dengan meninggalkan beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kamu lakukan yang dapat menganggu kesehatan tulangmu. Dalam hal ini merokok dan minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat  menurunkan massa tulang.
  6. Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D untuk kebutuhan tulangmu. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D pada kulit.
  7. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang  putih merupakan salah tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan kedua bawang merah dan putih banyak mengandung zat belerang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar