Senin, 19 September 2016

Kemerdekann




Hasil gambar untuk sejarah kemerdekaan indonesia


17 agustus adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu hari kemerdekaan yang diproklamasikan oleh Ir.Soekarno.Dalam rangka hari kemerdekaan,banyak masyarakat Indonesia yang melakukan berbagai macam lomba serta acara lainya.Seperti lomba yang diadakan oleh sekolah SMPK St.Agnes surabaya.Mereka mempersiapkan berbagai lomba yang sangat seru seperti tarik tambang,gobak sodor,bola pusing,membawa kelereng dengan sendok,ambil koin,memindahkan air ke belakang,balap karung,dll.


Sejarah


Proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pda hari jumat, 17 agustus 1945.
Pada tanggal 6 agustus 1945 sebuah bom atom dijatuhkan di atas kota Hiroshima jepang oleh Amerika serikat.sehari kemudian BPUPKI berganti nama menjadi PPKI untuk lebih menegaskan keinginan dan tujuan mencapai kemerdekaan Indonesia.pada tanggal 9 agustus 1945 ,bom atom kedua dijatuhkan di kota Nagasaki,Jepang sehingga menyebabkan jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutu,momen inipun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia berlangsung pkl. 02.00 - 04.00 dini hari. Para penyusun teks proklamasi adalah Ir.Soekarno,Moh.Hatta, dan Mr. Ahmmad Soebarjo. Acara dimulai pada pkl.10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Ir.Soekarno,Bendera merah putih telah dijahit oleh ibu Fatmawati dikibarkan oleh seorang prajurit PETA Latief Hendraningrat dibantu oleh Soehoed.

Pada tanggal 18 agustus 1945,PPKI mengambil keputusan mengesahkan dan menetapkan UUD sebagai dasar negara NKRI yang dikenal dengan UUD 1945. Dengan demikian terbentuklah NKRI dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh MPR.

Setelah itu Soekarno dan Moh.Hatta terpilih atas ususl Oto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama.

Naskah teks proklamasi


Proklamasi 
Kami bangsa Indonesia dengan ini meyatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dll,diselenggarakan
dengan cara saksama dan dalam temp yang sesingkat-singkatnya.
                                                                     
                                                                     Jakarta, 17-8-45
                                                                           wakil-wakil bangsa Indonesia.

Naskah proklamasi ini ditinggal begitu saja dan bahkan sempat masuk ke tempat sampah yang kemudian oleh B.M Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpanya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, sehingga diserahkan kepada presiden Soeharto di Bina Graha pada 29 Mei 1992..



Hasil gambar untuk kemerdekan indonesia













PERLAWANAN RAKYAT TERHADAP PENJAJAHAN

Perlawanan terhadap penjajahan jepang banyak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Di daerah Cot Plieng Aceh perlawanan terhadap jepang dipimpin oleh Tengku Abdul Jalil. Jepang melakukan serangan mendadak di pagi buta sewaktu rakyat sedang melaksanakan shalat subuh. Dengan senjata seadanya rakyat berhasil memukul mundur pasukan jepang. begitupun dengan seerangan kedua berhasil digagalkan rakyat.Pada serangan ketiga ini, jepang berhasil membakar masjid dan Teuku Abdul jalil berhasil meloloskan diri dari kepungan musuh namun akhirnya tertembak saat sedang shalat.

Perlawanan lain yang terkenal adalah perlawanan PETA di daerah Blitar, Jawa Timur. Perlawanan ini dipimpin oleh Supriyadi dan Dr.Ismail. Perlawanan ini disebabkan karena persoalan pengumpulan padi. Romusha maupun Heiho yang dilakukan secara paksa dan di luar batas peri kemanusiaan. Perlawanan di Blitar merupakan perlawanan yang terbesar di jawa.


PERTEMPURAN SETELAH KEMERDEKAAN
  • Pertempuran Ambarawa
Pertempuran ini berlangsung tanggal 20 November - 15 Desember 1945 antara TKR dan pasukan Inggris. Peristiwa ini berawal dari kedatangan tentara sekutu di semarang. Tujuan semula adalah mengurus tawanan perang namun ternyata mereka diboncengin oleh NICA yang kemudian mempersenjatai para tawanan. Pada 12 desember 1945 pasukan Indonesia melancarkan serangan serentak. Setelah bertempur selama 4 hari, akhirnya pasukan Indonesia berhasil mengusir tentara serikat dari Ambarawa dan memukul mereka sampai Semarang.



  • Bandung Lautan Api
Istilah Bandung lautan api  menunjukan bahwa terbakarnya kota Bandung sebelah selatan akibat politik bumi hangus yang diterapkan TKR. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 23 Maret 1946 setelah ada ultimatum perintah pengosongan Bandung oleh sekutu. Tentara serikat menghendaki agar persenjataan yang telah dikuasai rakyat Indonesia diserahkan kepada mereka. Para pejuang akhirnya meninggalkan Bandung tetapi membumihanguskan Kota Bandung. Maka peristiwa ini kemudian dikenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api.





    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar